Senin, 22 April 2013

Telaga Warna Dieng ( Kepariwisataan)


Telaga Warna Dieng

Telaga warna adalah salah satu tempat wisata di daerah Dataran Dieng,Jawa Tengah. Tempat ini begitu indah dan terkenal  dengan telaganya yang bisa berubah warna karena efek sinar matahari yang memantul ke telaga tersebut. Waktu itu saya pergi bersama rombongan sekolah saya waktu saya SMA. Kami pergi ke Telaga Warna untuk melihat keindahan dan meneliti bagaimana sejarah dan kebudayaan di daerah Dieng. Saat kami sampai di Telaga Warna udara begitu dingin hingga mulut kami bisa mengeluarkan asap,karena letaknya ada di dataran tinggi, dan pemandu kami berkata bila musim hujan suhu bisa sampai 0 derajat celcius. Saat kami memasuki telaga warna saya sangat takjub melihat keindahan telaga tersebut. Dikelilingi pohon-pohon dan serasa berada di hutan tropis yang sejuk seperti dongeng-dongeng. Telaga tersebut juga mengandung belerang. Konon katanya dulu ada seorang orang raja memiliki cincin kramat dan terjatuh ke telaga tersebut oleh sebab itulah telaga itu bisa berubah warna. Tak jauh dari telaga itu juga ada gua yang terkunci/dipagari dan ada sumur didalamnya yang konon katanya itu adalah tempat raja bertapa,dan yang meminum air dari sumur itu bisa awet muda.
Di daerah Telaga Warna,Dieng ,saya juga menemukan keanehan yang juga menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan,yaitu banyak anak di daerah tersebut yang berambut gimbal,dan kegimbalan rambut mereka memang tumbuh sejak kecil. Diceritakan ketika anak tersebut berusia balita rambut akan menggimbal jika ingin dipotong rambut gimbalnya, semua permintaan anak-anak gimbal ini harus ditepati dengan upacara ruwatan dan menyiapkan sesaji,karena kalau tidak rambut akan kembali menggimbal dan ditandai dengan sakit-sakitan bahkan gila. Ini hal yang sungguh unik yang baru saya ketahui.
Itulah keistimewaan dari Telaga Warna dan bagi anda yang belum pernah mengunjungi wajib datang untuk menikmati pesona Telaga Warna sambil menambah pengetahuan kita.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar