Selasa, 14 Oktober 2014

Fakta Minum Kopi...Dihindari atau Dikonsumsi?

Nama : Emanuela Claresta Sabatina
Kelas : 3sa01    NPM : 12612482
Matkul : Jurnalistik - Laporan Interpretatif

Fakta Minum Kopi
Dihindari atau Dikonsumsi?



            Minuman kopi merupakan salah satu minuman ringan yang digemari oleh rata-rata masyarakat di dunia. Dimana minuman kopi disugesti oleh beberapa orang mampu memberi ketenangan dan inspirasi ketika kita menikmatinya. Dengan seiring berjalannya waktupun,minuman kopi tidak hanya diminum oleh beberapa kalangan yang pada umumnya seperti para pekerja dan kaum pria. Tetapi dengan berbagai jenis varian kopi saat ini seperti capuccino,moccacino,espresso, dll, dengan berbagai rupa dan kemasan, kopi juga dapat dinikmati oleh kaum wanita, kaum remaja, bahkan anak-anak. Sebenarnya, apakah minum kopi sebainya dihindari atau dikonsumsi?
            Menurut Cynthia Sass, salah seorang ahli nutrisi ternama di Amerika Serikat memberikan ulasan tentang efek positif dan negatif dari minum kopi. Beberapa efek positifnya adalah kopi mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Selain itu kopi juga mampu mengurangi risiko diabetes, dimana para ilmuwan di Amerika mengamati bahwa selama tujuh tahun orang-orang dengan asupan kopi tertinggi, berisiko 67% lebih rendah terkena diabetes,karena antioksidan pada kopi yang mampu melindungi tubuh terhadap resistensi insulin,tapi ini bukanlah satu-satunya penelitian yang diyakini dan masih terus diteliti. Para ahli pun menyarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi terlau banyak. Minum kopi juga diteliti dapat meingkatka daya tahan tubuh dan penuaan dini, karena kafein yang ada didalam kopi berperan positif.
            Tetapi terdapat juga beberapa efek negatif dari minum kopi. Beberapa diantaranya adalah dapat menimbulkan hipertensi dan meningkatkan kadar kolestrol jika dikonsumsi dua atau lebih cangkir kopi sehari. Selain itu, kafein dalam kopi juga berefek negatif pada beberapa orang,seperti sakit kepala dan sulit tidur.

            Jadi, jika anda salah satu penggemar kopi, tidak ada salahnya anda meminum kopi pada rutinitas anda, asalkan dikonsumsi sesuai kondisi tubuh anda. Dianjurkan secangkir kopi di pagi hari diimbangi segelas air putih, sudah cukup bagi tubuh anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar