Selasa, 21 Oktober 2014

Kerupuk Kulit Berasal dari Limbah Kulit Sepatu

Nama : Emanuela Claresta Sabatina
Kelas 3sa01 NPM : 12612482
Matkul : Jurnalistik - Laporan Investigativ

Kerupuk Kulit Berasal dari Limbah Kulit Sepatu


            Siapa tak doyan kerupuk kulit. Salah satu cemilan berikut ini termasuk makanan ringan yang digemari oleh masyarakat kita. Tapi tahukah anda? bahwa ternyata kerupuk kulit yang kita beli mungkin dari tempat-tempat sembarangan, terbuat dari limbah kulit sepatu atau kulit jaket? Saya pun menemukan fakta bahwa memang benar adanya fenomena tersebut dari sebuah sumber.
            Ciprut (nama samaran) adalah salah satu oknum penjual kerupuk kulit dari bahan kulit sepatu. “ada yang dari bahan sepatu juga bahan jaket” , demikian ungkap Ciprut saat ditanya bahan utama pembuatan kulit kerupuk berbahaya. Ciprut, yang sudah 2 tahun bekerja di pabrik kerupuk kulit ini, mengaku juga menggunakan bahan kimia H2O2 dan tawas sebagai zat tambahan agar kerupuk terlihat putih dan mekar saat digoreng. “90% bahan kimia dapat ditemukan pada kerupuk rambak kulit” ujar Ciprut. Ciprut mengatakan bahwa semua ini dilakukan karena bahan dasar yang harganya jauh lebih murah.
            Pertama, limbah kulit sepatu di potong menjadi beberapa bagian, lalu direndam bersamaan dengan H2O2 dan tawas. Dr.Johanes seorang ahli gizi mengatakan jika tawas di konsumsi dalam jangka panjang, maka akan menimbulkan kepikunan. Setelah itu kulit dibilas dan berubah menjadi pucat dan bersih. Ditambahkannya juga zat pewarna agar terlihat tidak begitu bersih atau pucat sehingga menyerupai kerupuk kulit pada umumnya.
            Salah satu peneliti dari Universitas Pasundan juga mengatakan bahwa tawas bisa menimbulkan gangguan ginjal dan fungsi hati. Ada 3 hal yang bisa dikenali apakah kerupuk yang kita konsumsi alami atau tidak. Pertama, tekstur kerupuk cenderung kasar dan berpori. Kedua, warna berwarna lebih gelap, kecoklatan. Ketiga, rasa tidak pahit dan nyaman ditenggorokan.
            Namun, tidak semua pedagang menjual dan membuat kerupuk berbahaya ini. Masih ada pedagang yang jujur dan benar. Yang terpenting adalah berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan yang hendak anda konsumsi dengan mengenali ciri-ciri kelalamian makanan anda.
           
             

Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=zFwN5yaKBUI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar