Selasa, 07 Oktober 2014

Jazz Goes To Campus 35th

Nama : Emanuela Claresta Sabatina
Kelas : 3sa01  NPM : 12612482
Matkul : Jurnalistik - Feature

Jazz Goes To Campus 35th



Jazz Goes To Campus (JGTC) adalah salah satu acara musik bergengsi di dunia pertunjukan musik. Dimana JGTC menampilkan dan menghadirkan musik-musik serta musisi-musisi beraliran jazz. Ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh salah satu universitas negeri ternama di Depok yaitu Universitas Indonesia (UI). JGTC yang ke 35 tersebut diadakan pada tanggal 25 November 2012 dua tahun lalu,yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dan dimeriahkan oleh musisi jazz dalam negeri seperti Tompi,Ari Pramundito,Tulus,Monita Tahaela,IYR,BLP dan lain-lain. Selain itu tidak hanya musisi dalam negeri, JGTC ke 35  juga dimeriahkan musisi mancanegara seperti Orange Pekoe (Jepang) dan Martin Denev (Bulgaria). Hanya dengan harga tiket yang terbilang murah dibanding acara musik jazz bergengsi lainnya yaitu berkisar 40-50 ribu saja,anda bisa menikmati JGTC UI.
                Acara JGTC tersebut berjalan sangat rapi dan teratur meskipun penonton yang hadir sangat ramai. Walaupun ramai dan sesak,para penonton tak dapat memungkiri kenikamatan lantunan musik yang dimainkan,sehingga mereka tetap menikmati sembari ikut bernyanyi. Sembari menikamti musik jazz dari para penampil,para penonton juga bisa mengunjungi stand-stand  yang dibaut oleh para panitia. Seperti stand makanan dan jajanan, pakaian, majalah serta yang menarik adalah Museum Jazz. Museum Jazz ini tidak berbntuk seperti gedung pada umumnya,hanya dibangun sederhana dengan tenda,papan triplek sebagai dinding dan ditutup oleh kain hitam. Selain itu,ada juga booth yang menampilkan replika musisi-musisi Jazz dan para penonton bisa berfoto-foto disana.
Dengan kesukaan saya di bidang musik,terutama musik jazz,saya pun tidak ketinggalan untuk menikmati JGTC 35th. Dari 35 kalinya acara ini diselanggarakan JGTC 35th adalah yang pertama bagi saya,karena memang tahun lalu saya baru ada kesempatan menonton.Saya pun yang pergi bersama sepupu dan dua orang teman saya,tak lepas ikut bernyanyi dan menikmati setiap lagu yang disajikan dalam acara tersebut. Kami sangat menikmati keramaian dan kemeriahan yang ada. JGTC sendiri,dimulai dari tengah hari hingga larut malam. Saya dan sepupu,serta teman-teman saya tiba pukul empat sore. Setibanya disana,kami langsung melihat jadwal panggung. Dimana ternyata tahun ke 35 JGTC,terdapat 4 stage berbeda dengan performers yang berbeda. Setelah itu,kami menuju salah satu stage yang dimeriahkan oleh Ari Pramundito,salah satu gitaris dan penyanyi  jazz muda favorit saya. Kami sangat menikmati penampilan  mantan vokalis GRUVI ini,dengan arrangement lagu-lagunya yang ciamik.

Sehabis menikmati penampilan Ari Pramundito,kami langsung menuju stage lain dengan penampilan IYR. IYR ada band jazz yang beranggotkaan anak muda. Saya dan seorang teman saya menonton paling depan dan kami sangat excited sekali,hingga ikut bernyanyi. Sebelumnya,kami sempat menghampiri Museum Jazz,yang didalamnya berisi gambar-gambar berfigur dan sinopsis tentang perkembangan sejarah Jazz juga musisi-musisi Jazz ternama dunia. Lalu kami juga sempat berfoto-foto di booth replika.
                Tak terasa waktu sudah lewat pukul enam sore,hujan pun sempat turun rintik-rintik,tapi kami tetap semangat menikmati kemeriahan JGTC UI. Setelah menyaksikan IYR,kami menuju stage yang dimeriahkan oleh Tompi. Wow! Dia adalah salah satu musisi favorit saya. Penampilannya ditonton sangat ramai dan padat,sampai-sampai saya tidak kebagian menonton di barisan depan,sehingga menonton dipaling belakang melalui layar besar. Saya dan teman-teman sedikit kecewa,tetapi kami tetap menikmati musik Tompi.
                Waktupun menunjukkan hampir pukul sebelas malam. Sebenarnya kami ingin menonton  hingga acara selesai,tetapi kami cukup kelelahan menikmati euforia JGTC. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang setelah penampilan dari musisi Tompi selesai. Dalam perjalanan pulang kami sangat senang sekali,hingga membahas ulang apa yang sudah kami nikamati seharian di JGTC. Secara keseluruhan, JGTC UI adalah acara musik yang sangat keren dan tidak boleh dilewatkan. Bagi kalian yang belum sempat menonton, jangan lupa hadir menikamati JGTC ke 37 tahun 2014 ini. (Selasa,07/10/2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar