Kelas : 3sa01 NPM : 12612482
Mata Kuliah : Komunikasi bisnis
A. Komponen-Komponen
Komunikasi
Komponen-komponen berikut sangat
menunjang terjadinya komunikasi yang baik, diantaranya :
a. Komunikator
(pengirim pesan)
b. Komunikan
(penerima pesan)
c. Pesan
d. Respon
/ tanggapan
e. Media
/ alat untuk menyampaikan pesan
B. Komunikasi
tatap muka
Terdapat beberapa tujuan dari
komunikasi tatap muka :
a. Mengerti
akan pentinganya komunikasi tatap muka dalam memecahkan masalah.
b. Mengerti
kapan komunikasi tatap muka lebih tepat digunakan dalam memecahkan masalah
c. Mengerti
komponen-komponen dan teknik-teknik pokok agar komunikasi tatap muka berjalan
dengan baik
d. Dapat
meningkatkan keterampilan komunkasi tatap muka
Ada keuntungan dalam
melakukan komunikasi tatap muka yaitu kita mampu menyampaikan pesan secara
jelas dan langsung, serta mampu mengetahui tanggapan lawan bicara secara jujur
dan jelas. Ini dikarenakan karena saat bicara tatap muka kita bisa melihat raut
wajah, gerak tangan dan mata, tekanan suara, dan lain-lain.
Sedangkan, kerugiannya
adalah memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan masalah. Dimana terjadi
perbedaan visi-misi antara komunikator dan komunikan dalam diskusi sehingga
memerlukan waktu yang lebih lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar