Rabu, 11 Maret 2015

Latar Belakang dan Peranan Komunikas Dalam dunia Bisnis (Minggu ke 2)

Nama : Emanuela Claresta Sabatina
Kelas : 3sa01 NPM : 12612482
Mata Kuliah : Komunikasi bisnis

A.    Komponen-Komponen Komunikasi

Komponen-komponen berikut sangat menunjang terjadinya komunikasi yang baik, diantaranya :

a.       Komunikator (pengirim pesan)
b.      Komunikan (penerima pesan)
c.       Pesan
d.      Respon / tanggapan
e.       Media / alat untuk menyampaikan pesan

B.     Komunikasi tatap muka

Terdapat beberapa tujuan dari komunikasi tatap muka :
a.       Mengerti akan pentinganya komunikasi tatap muka dalam memecahkan masalah.
b.      Mengerti kapan komunikasi tatap muka lebih tepat digunakan dalam memecahkan masalah
c.       Mengerti komponen-komponen dan teknik-teknik pokok agar komunikasi tatap muka berjalan dengan baik
d.      Dapat meningkatkan keterampilan komunkasi tatap muka
Ada keuntungan dalam melakukan komunikasi tatap muka yaitu kita mampu menyampaikan pesan secara jelas dan langsung, serta mampu mengetahui tanggapan lawan bicara secara jujur dan jelas. Ini dikarenakan karena saat bicara tatap muka kita bisa melihat raut wajah, gerak tangan dan mata, tekanan suara, dan lain-lain.

Sedangkan, kerugiannya adalah memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan masalah. Dimana terjadi perbedaan visi-misi antara komunikator dan komunikan dalam diskusi sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar