Rabu, 11 Maret 2015

Latar Belakang dan Peranan Komunikasi Dalam Dunia Bisnis (Minggu ke-1)

Nama : Emanuela Claresta Sabatina
Kelas : 3sa01
NPM: 12612482
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis

A.    Latar belakang penyelenggaraan komunikasi dengan pasar

Di latar belakangi oleh “ Economic of Relatife Plenty”, menjadikan para pengusaha untuk menutup jarak antara produsen dan konsumen. Merupakan suatu target agar daya beli konsumen semakin tinggi, sehingga konsumen dapat merasakan hasil produk dari produsen, serta menjadi tanggung jawab produsen untuk selalu memuaskan konsumen akan barang yang dihasilkan oleh produsen.
Untuk mencapai itu semua, diperlukan komunikasi yang baik dengan pasar. Yaitu bagaimana produsen dapat memasarkan produknya kepada konsumen dengan meluas. Baik dengan kunjungan pribadi, brosur, percakapan telepon atau di jaman modern ini menggunakan media internet.

B.     Konsep dasar dan peranan komunikasi

Komunikasi merupakan bagian dari kehidupan masyrakat, karena secara alamiah manusia memiliki naluri untuk bersosialisasi antara yang satu dengan yang lainnya. Komunikasi juga dapat diartikan sebagai kegiatan manusia untuk berhubungan satu dan yang lainnya secara otomatis. Oleh sebab itu, komunikasi juga disebut sebagai keterampilan.
Salah satu teorinya adalah dari James A.F Stoner yang mengatakan bahwa komunikasi dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Dapat disimpulkan komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian. Tetapi diperlukan juga saling pengertian antara si pengirim dan penerima sehingga informasi tersampaikan dengan baik (komunikatif).

C.     Tujuan Komunikasi

a.       Menciptakan pengertian yang sama antara si penyampai pesan dan si penerima. Sehingga informasi dapat sama-sama dipahami sebaik-baiknya dan dapat mengikuti juga mengerti maksud dari si komunikator.
b.      Merangsang pemikiran si penerima akan informasi yang diterima sebagai bentuk persuasif bukan pemaksaan

c.       Memahami keinginan dan aspirasi orang lain


Sumber : e-learning gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar