Kelas : 3sa01
NPM: 12612482
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis
A. Latar
belakang penyelenggaraan komunikasi dengan pasar
Di
latar belakangi oleh “ Economic of Relatife Plenty”, menjadikan para pengusaha untuk
menutup jarak antara produsen dan konsumen. Merupakan suatu target agar daya
beli konsumen semakin tinggi, sehingga konsumen dapat merasakan hasil produk
dari produsen, serta menjadi tanggung jawab produsen untuk selalu memuaskan
konsumen akan barang yang dihasilkan oleh produsen.
Untuk
mencapai itu semua, diperlukan komunikasi yang baik dengan pasar. Yaitu bagaimana
produsen dapat memasarkan produknya kepada konsumen dengan meluas. Baik dengan
kunjungan pribadi, brosur, percakapan telepon atau di jaman modern ini
menggunakan media internet.
B. Konsep
dasar dan peranan komunikasi
Komunikasi
merupakan bagian dari kehidupan masyrakat, karena secara alamiah manusia memiliki
naluri untuk bersosialisasi antara yang satu dengan yang lainnya. Komunikasi
juga dapat diartikan sebagai kegiatan manusia untuk berhubungan satu dan yang
lainnya secara otomatis. Oleh sebab itu, komunikasi juga disebut sebagai
keterampilan.
Salah
satu teorinya adalah dari James A.F Stoner yang mengatakan bahwa komunikasi dimana seseorang berusaha
memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Dapat disimpulkan
komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian. Tetapi diperlukan juga
saling pengertian antara si pengirim dan penerima sehingga informasi
tersampaikan dengan baik (komunikatif).
C. Tujuan
Komunikasi
a. Menciptakan
pengertian yang sama antara si penyampai pesan dan si penerima. Sehingga
informasi dapat sama-sama dipahami sebaik-baiknya dan dapat mengikuti juga mengerti
maksud dari si komunikator.
b. Merangsang
pemikiran si penerima akan informasi yang diterima sebagai bentuk persuasif
bukan pemaksaan
c. Memahami
keinginan dan aspirasi orang lain
Sumber : e-learning gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar