Rabu, 22 April 2015

Jurnalistik ( Telaah Novel - Analisis & Kesimpulan )

Nama : Emanuela Claresta Sabatina

Kelas : 3sa01      NPM : 12612482

Analisis :
            Pada pembahasan kali ini, penulis akan mencoba membahas novel The Summer I Turned Pretty dari unsur-unsur instristik novel. Unsur-unsur tersebut secara sederhana seperti Tema, penokohan, latar/setting, plot/alur, gaya bahasa, dan amanat dalam suatu karya sastra, yaitu novel.
a.       Tema : Tema yang diambil dalam novel The Summer I turned Pretty adalah percintaan dan persahabatan. Dalam novel ini jelas sekali menceritakan bagaimana kisah percintaan remaja antara Belly dan Conrad, juga persahabatan antara Belly, Conrad, Jeremy, dan Taylor.
b.      Penokohan/karakteristik : Dari segi penokohan/karakteristik, yang terbagi atas protagonis, antagonis, dan tritagonis adalah Belly dan Conrad yang menjadi tokoh utama dalam novel ini mencerminkan karakter protagonis. Lalu Taylor dan Jeremy yang menjadi tokoh pendukung dalam novel ini mencerminkan karakter tritagonis atau disebut sebagai penengah dalam suatu konflik cerita. Tidak ditemukan karakter antagonis pada novel ini.
c.       Alur : alur yang dipakai pada novel ini adalah alur campuran (maju-mundur). Dimana dalam beberapa bab pada beberapa paragrafnya, ada yang menceritakan kejadian dahulu yang pernah terjadi, lalu disambung dengan kejadian yg sedang terjadi.
d.      Gaya Bahasa : gaya bahasa yang digunakan termasuk gaya bahasa modern atau tergolong informal, karena disesuaikan pasaran pembacanya yaitu remaja.
e.       Amanat : amanat yang bisa diambil dari novel The Summer I Turned Pretty adalah saat kita mencintai orang yang kita cintai, tunjukkanlah secara jujur dan tulus dan  betapa pentingnya persahabatan untuk bisa sling menopang dan mendukung satu sama lain.

Kesimpulan :

            Hal yang dapat disimpulkan dari pembahasan novel The Summer I turned Pretty adalah novel ini adalah novel yang sangat bagus dan menarik untuk bisa dibaca oleh para remaja. Dengan cerita yang disuguhkan yang sangat melekat dengan kehidupan remaja, novel ini layak dibaca.  Apalagi dengan teks Bahasa Inggirs bisa sambil melatih kemampuan bahasa asing para remaja Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar